Hati-Hati : Virus Flame

Rifqi's Blog ™ - Beberapa hari terakhir ini virus Flame menjadi marak dibicarakan. Bahkan di Indonesia sendiri pemberitaannya sempat heboh hingga masuk di berita nasional beberapa stasiun TV swasta dan juga berbagai media online. Hal ini tidak terlepas dari kompleksitas virus Flame membuatnya menjadi virus paling canggih dan paling kompleks saat ini !



Virus Flame (dikenal juga dengan nama Flamer atau Skywiper) Hampir sama dengan virus Stuxnet, Flame diperkirakan juga dibuat dan didalangi oleh sebuah negara untuk tujuan tertentu. Namun Flame tidak dibuat untuk merusak sistem seperti yang dilakukan oleh virus Stuxnet, tetapi dibuat untuk menjadi mata-mata terhadap setiap komputer yang diserangnya.


Setelah menginfeksi komputer korbannya, Flame akan langsung aktif dan memata-matai setiap aspek dari penggunaan komputer. Virus ini bisa merekam ketikan keyboard, mengambil screenshot, memblokir email, mencuri data melalui perangkat bluetooth, hingga merekam percakapan yang dilakukan di software messenger seperti Skype dll.


Kecanggihan dan kompleksitasnya membuat para ahli memperkirakan bakal butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun untuk mempelajari seluruh aktifitas yang dilakukan oleh virus Flame tersebut. Wow..bayangkan saja begitu canggih dan kompleksnya virus ini.Diperkirakan virus ini telah menyebar sejak Maret 2010 dan tidak terdeteksi oleh antivirus manapun.Tidak heran saat ini Flame mendapatkan predikat sebagai virus paling berbahaya di dunia.


Virus Flame disinyalir hanya menyerang negara-negara tertentu, terutama di daerah timur tengah seperti Iran, Palestina, Israel, Lebanon dan Suriah. Namun bukan tidak mungkin Indonesia bisa menjadi target virus tersebut kan?




Berikut ini adalah anatomi dari Flame:



Data-data utama:



Berukuran hingga 20MB (bandingkan dengan Stuxnet yang hanya 500KB).

Bisa menginfeksi sistem operasi Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7

Terdeteksi di Iran, Rusia, Mesir, Tepi Barat (Palestina), Libanon, Suriah, dan Sudan



Kemampuan Spionase:



Bisa mengambil gambar/mereka "screenshot"

Diam-diam merekam suara

Membaca ketikan pada Keyboard komputer

Mendeteksi 100 jenis program antivirus dan menghindarinya

Menciptakan database sendiri untuk menyimpan informasi yang dicuri

Berkomunikasi dengan server yang mengendalikan dan memberinya perintah melalui saluran yang tersandi



Saluran infeksi:



Melalui USB/flashdisc

Jaringan lokal

Bergerak sendiri dalam internet seperti 'worm" tetapi dikendalikan oleh pemiliknya




Virus flame hanya terdetect oleh beberapa antivirus saja, jika anda merasa terinfeksi oleh virus ini download saja tool khusus untuk mendetect virus ini Di Sini

2 comments

Posting Komentar

Para pengurus Rifqi's Blog tidak selalu online untuk memantau komentar yang masuk, Jadi diharapkan berikan komentar Anda dengan pantas dan layak untuk dikonsumsi oleh publik. No SARA, SPAM dan Sejenisnya

Iklan Banner